Sunday, May 08, 2011

AGAR ASI LANCAR

ASI adalah anugrah terindah dari Allah buat kita para ibu. Namun tidak semua ibu dapat menghasilakan ASI yang berkualitas dan berlimpah. Sebenarnya apa ya yang mempengaruhi kelancaran ASI?

Aku sedikit bingung sama para ibu yang bilang ASI nya sedikit, apa yang missing ya....

Pas kehamilan aku yang pertama, dari awal kehamilan aku dah berniat mau ASI eksklusif. Dan Alhamdulillah di kehamilanku yang ke 4 bulan, ada teman yang nawarin ikut pelatihan yang diadain sama Milis Sehat. Dipelatihan itu niatku semakin kuat, karena dia kasih materi tentang ASI juga. Tapi aku gak sempet ikut kelas Laktasi yang diadain sama Milis sehat juga. Dan alhamdulillah ASI ku melimpah ruah.



Menurutku ini nih yang bikin ASI ku lancar :

1. Karena Allah (itu dah pasti, kalo Allah gak ngizinin pasti gak terjadi, tapi kita tetap usaha kan)

2. Niat mau ngasih ASI sebisa mungkin

3. Bersihkan puting dan payudara sedini mungkin

4. Makan makanan sehat (sayur, buah jangan sampe ketinggalan)

5. Minun air putih yang banyak

6. Terus menerus kasih ASI, biar hormon ASI ngebaca kalo si baby butuh ASI lebih banyak jadi di hari berikutnya hormon2 ASI memproduksi lebih banyak dibanding hari ini (ini nih kebesaran Allah, bukan cuma komputer yg canggih tp hormon ASI lebih canggih)

Trus pas kontrol pertamaku di dr. Winur kmaren aku ngedapetin ilmu buat membersihkan puting biar menunjang kelancaran ASI.

Ini caranya :

1. Ambil kasa trus kasih baby oil, kalo pake kapas nanti banyak yang nyangkut di punting, kalo pake cotton bud nanti Cuma dikit kotoran yang nyangkut

2. Tempelkan pada puting dan daerah areola selama 5-10 menit, oh ya baby oilnya yg banyakkan dikit ya

3. Buka kasa trus nanti pada nempel deh kotorannya, baiknya sedikit di gosok tapi jangan keras2. Di bagian puting biasanya banyank yang nyempil2 di sela2 lubang puting, trus di areola juga ya...kotorannya bentuknya item2 gitu deh

4. Selesai membersihkan, sekarang coba tarik puting trus putar ke arah kanan 10-15 kali trus gantian ke arah kiri. Lalu ganti puting yang satunya. Itu biar putingnya keluar, karena ada lho puting yang mendlep ke dalem. Kaya aku waktu nyusuin Faiz rada susah karena puting yang kiri mendlep ke dalem dan aku gak pernah narik2nya, aku pikir nanti juga keluar sendiri...ternyata tidak saudara2.

Itulah pengalamanku soal cara biar ASI lancar dan berlimpah....moga membantu teman2 yang berniat ngasih ASI juga.... trus moga ASI nya lancar ya.... :-)

0 comments:

Post a Comment