Saturday, June 25, 2011

PLASENTA PREVIA

Sekitar dua minggu yang lalu pas kontrol kandungan ternyata si dede insya Allah perempuan. Tapi posisinya masih melintang aja...udah dari bulan lalu. Pas diliat2 dokter ternyata plasenta dede ada di bawah, makannya dia melintang terus.

Tapi dokter sedikit bingung, aku gak ada keluhan sama sekali baik suka flek atau perdarahan. Mungkin jenisnya yang marginal kali ya...

Langsung deh aku stress....secara maunya lahirin normal lagi, masa harus caecar sih. Dokter bilang kalo plasenta itu tidak bisa pindah kaya bayi yg sungsang. Cuma memang di kenadungan yang lebih tua usianya rahim itu membesar ke atas jadi bisa aja kalo yang tertutup hanya sedikit si plasenta bisa ikut naik ke atas, nanti dilihat kalo sudah 34 minggu.

Kalo posisi masih sama yowes harus caecar lah.....hiks...hiks....

Langsung dokter winur bilang....jangan stress...kehamilan adalah salah satu fenomena alam...yo begitulah adanya.

Pertama2nya sih masih takut klo harus caecar....tapi setelah cari-cari info soal plasenta previa akhirnya pasrah aja lah....moga Allah memberikan yang terbaik buat kami.

Ini hasil googling soal plasenta previa....

Apa penyebab plasenta previa ? Apakah bisa bergeser ? by Dr. Prima Progestian, SpOG

Migrasi plasenta

Apabila plasenta terlihat menutupi jalan lahir pada usia kehamilan muda (trimester pertama hingga awal trimester kedua) maka ada kemungkinan plasenta masih bisa bergeser/mengalami migrasi karena rahim semakin membesar. Yang terjadi bukanlah plasenta yang bisa bergerak namun plasenta akan menjauhi mulut rahim/jalan lahir karena ukuran rahim yang membesar ke arah atas.

Lalu mengapa bisa terjadi plasenta previa? Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab pasti terjadinya plasenta previa. Kemungkinan disebabkan adanya bekas luka/skar pada selaput lendir rahim/endometrium, plasenta yang besar atau kelainan bentuk rahim.

Faktor risiko

Ada beberapa kondisi yang menjadi faktor risiko terjadinya plasenta previa, yaitu

  1. Pernah melahirkan sebelumnya
  2. Pernah operasi sesar
  3. Pernah dilakukan kureatase atau operasi pada rahim (pengangkatan miom)
  4. Pernah mengalami plasenta previa sebelumnya
  5. Usia ? 35 tahun
  6. Merokok
  7. Etnis asia
  8. Saat ini mengalami kehamilan kembar

Walau udah gak terlalu takut sama caecar tapi tetep aja gmana gitu....

Ditambah lagi abis nengokin temen yang lahiran anak ke 2 secara caecar dan anak pertama yang normal....aku tanya2 eh dia jawab enak enak banget....sampe sekarang masih nyeri perutnya...huuuuaaaa

Berfikir positif saja lah....Ya Robb tolong kami....

0 comments:

Post a Comment