Wednesday, September 04, 2013

Perjalanan Umroh 1

Assalamu'alikum.

Tak terasa sudah lebih dari satu bulan saya melakukan perjalanan umroh ini, tapi baru sempat menulis pengalamannya di blog, semoga belum "basi" hehehe

Saya tipe orang yang suka mencari informasi sebelum saya melakukan sesuatu yang belum pernah saya lakukan, jadi sebelum berangkat umroh saya sudah googling dan membaca blog orang-orang yang sudah melakssanakan serta membaca buku panduan dari travel. Plus bertanya pada teman yang sudah pernah umroh.

Berbekal informasi dan hasil bertanya-tanya, rasanya saya sudah bisa membayangkan medan di Mekkah dan mempersiapkan kebutuhan yangkira-kira diperlukan di sana.

Sabtu-Ahad, 6-7 Juli 2013
Hari ini saya akan berangkat menuju Mekkah dengan pesawat Emirate dan transit di Dubai. Pesawat kami take off  jam 5 sore, sampai di Dubai sekitar jam 10 malam (saya lupa pastinya). Lalu berangkat lagi menuju Jeddah sekitar jam 1 malam, suasanya di bandara Dubai sangat dingin, maklum lupa bawa jaket. Sampai di Jeddah sekitar jam 4 pagi. Perjalanan naik Emirates terasa nyaman dan dijamin gak akan kelaparan, karena ada hiburan tv chanel serta disuguhkan makanan yang enak selama di pesawat #menurut saya.

Sampai di bandara King Abdul Azis kami harus melewati bagian imigrasi, namum pelayanannya sungguh lamban, sehingga baru jam 5 lewat saya dan teman-teman baru membersihkan diri dan berihram serta sholat subuh dan sunnah ihram. Karena pelayanan yang lama banyak jamaah dari rombongan saya yang kesiangan sholat subuhnya.

Suasana di tempat kami membersihkan diri sudah tidak berAC jadi sudah terasa udara asli Jeddah yang panas. Sekitar jam 7 pagi kami naik ke bis penjemput dan akan menuju Mekkah Al Mukaromah. Saya melihat ada yang aneh dengan bis yang kami tumpanggi, ya...ternyata tirainya benar-benar tebal, agar AC nya terasa sejuk.

Bersama dengan melajunya bis, pemandu kami mulai memberi arahan untuk mengingat kembalki niat perjalanan kami, dan disuruh untuk menambahkan dengan niat-niat yang lain sebanyak mungkin. Pemandu juga mengingatkan bahwa kami sangat beruntung karna kami bisa menjadi tamu allah, dan kami adalah orang pilihan. Sambil menyebutkan niat-niat, saya juga bersyukur karna bisa menjadi salah satu dari tamu Allah. Lalu kami diajarkan untuk melafalkan niat dan kalimat talbia.

Akhinya kami memasuki kota Mekkah, dan tak terbendung lagi air mata saya. Langsung meleleh membasahi pipi, dan yang terbayang hanya Ka'bah serta kalimat syukur pada Allah. Ini terjadi karna sejarah panjang dibalik keberangkatan saya ke tanah suci ini.

Kami tiba di Hotel Elaf Al Multaqo sekitar jam 9 pagi dan langsung menuju restoran untuk sarapan, setelah sarapan kami masuk ke kamar untuk memasukkan koper-koper dan berwudhu kembali. Jam 10 an kami sudah berkumpul di lobby hotel dan siap melaksanakan ibadah umroh.

Kami berjalan kaki menuju Masjidil Haram kurang lebih 500 meter, kami melewati jalan yang panas namun tidak berdebu, disertai aroma khas arab yang wangi. Akhirnya saya bisa melihat bangunan Masjidil Haram yang megah. Tidak bisa berkata apa-apa selain mengucapkan Alhamdulillah, Allahuakbar dan kata-kata pujian lainnya.

Namun tiba-tiba jantung saya berdetak kencang saat memasuki Masjidil Haram, semakin kencang saat berjalan menuju ke Ka'bah. Dan sekarang saya sedang melihat Ka'bah...begitu dekat...bahkan sangat dekat...ya ini Ka'bah yang di buat oleh Ibrahim dan Ismail As, ya ini Ka'bah yang pernah Allah selamatkan dari pasukan gajah, ya ini Ka'bah yang Rosul pun berumroh dan berhaji di tempat ini. Dan sebentar lagi saya akan mengelilinginya dan memegangnya, saya akan beribadah seperti yang Rosul lakukan di tempat ini, di rumahMu ya Robb dan hanya untukMu ya Robb.

Sambil terus memandangi Ka'bah saya berthawaf bersama rombongan dengan air mata yang tak kunjung berhenti mengalir dan terus mengucapkan do'a thawaf. Cuaca saat berthawaf memang terasa panas namun hanya sedikit berkeringat, tidak seperti di Indonesia.
Subhanallah sungguh nikmat ya Robb, terimakasih atas nikmatMu ini ya Robb, terima kasih atas kesempatan ini, terima kasih atas segala rizkiMu.
Selesai thawaf kami diperbolehkan memegang Ka'bah, dilanjutkan dengan sholat sunnah thawaf 2 rokaat. Saat bersujud lantainya benar-benar dingin, sangat terbalik dengan cuaca di sana. Lalu kami meminum air zam-zam, airnya benar-benar menyejukkan dan dilanjutkan dengan melakukan sa'i.

Lintasan sa'i terlihat pendek namun saat di kerjakan cukup menguras energi karena 7 kali, kembali terbayang Siti Hajar yang melakukan ini saat tempat ini masih gurun berbatu, tanpa AC, tanpa atap yang melindungi, terus berlari mencari air dengan meninggalkan bayinya sendirian di padang pasir. Allahu Akbar tak terbayang rasanya, hanya iman padaMu ya Robb yang bisa menguatkannya.

Setelah melaksanakan sa'i sekarang saatnya mengerjakan tahallul. Selesai tahalul kami berdo'a bersama memohon agar ibadah kami diterima dan menjadi umroh yang mabrur. Rasanya sangat lega, semua rukun berjalan lancar dan dapat dikerjakan dengan mudah.

Rombongan sudah mulai berpencar, saya, bu tuti dan bu eha masih bersama, kami sholat zuhur berjama'ah saat kami masih di lintasan sa'i. Selesai sholat Zuhur kami kembali ke hotel untuk makan siang dan beristirahat. Dan kami berniat ke Masjidil Haram lagi saat sholat Ashar.

Karena kelelahan kami telat sholat Ashar, kami sholat di pelataran mall di depan Masjidil Haram. Selesai sholat kami ke Masjidil Haram lagi untuk berthawaf, Alhamdulillah tidak terlalu ramai. Saya dan Bu Tuti sudah berniat akan melakukan thawaf sebanyak 50 kali selama di Mekkah. Karena salah satu ibadah yang dianjurkan saat di Masjidil Haram adalah berthawaf.

Kami terus berada di Masjid sampai Maghrib, dan kembali ke hotel untuk makan malam lalu kembali lagi ke Masjidil Haram untuk sholat Isya.

Saat sudah berada di hotel untuk istirahat baru mulai terasa kaki sedikit pegal karena berjalan bolak balik hotel ke masjid dan sa'i di siang harinya. Karena semuanya dilakukan dengan hati yang syukur dan gembira, sehingga tidak terasa lelahnya.

Alhamdulillah hari pertama di Mekkah sangat memuaskan.
Bobo dulu ya...

Ini beberapa foto saya hari ini

Diantar suami dan anak-anak saat di bandara

Dengan teman baik say Bu Tuti

Ruang tuanggu di bandara

saat transit di Dubai

Pemandangan pertama saya di Jeddah

Jeddah

Foto Ka'bah saat pertama akan thawaf