Sunday, November 23, 2014

Mandi Hujan

Assalamu'alaikum.

Saya mau cerita soal kegiatan mandi hujan anak-anak saya, tapi kali ini ada yang berbeda....tsaaaah. Dari dulu saya meyakini mandi hujan tidaklah berbahaya dan sebagai ajang anak mengenal ciptaan Allah berupa air.

Namun setelah saya mengikuti Akademi Keluarga semua tetap sama soal pandangan saya tentang air hujan, namun ada tambahan lagi selalu gunakan momen-momen apapun untuk berdialog dengan anak-anak mengenai Allah dan rosul. Kegiatan tersebut biasa disebut dialog iman atau mengaitkan hati anak dengan Allah dan Rosul.

Siang itu kami makan siang sedikit telat karena anak-anak baru saja bangun tidur, diakhir kegiatan makan kami tiba-tiba hujan turun dengan derasnya. Anak-anak saya langsung beride "mama nanti boleh main hujan gak?", saya bilang boleh tapi makannya harus habis dulu.

Habis makan kami bersiap tapi saya juga jadi beride memanfaatkan momen hujan untuk mengetahui apa sih yang Al Qur'an tulis tentang hujan, googling akhirnya dapet ayat-ayat yang bertuliskan hujan. Saya bacakan 3 ayat yang memuat kata hujan, Masya Allah saya dapet ayat-ayat yang memang menerangkan manfaat hujan dan perumpamaan bagi orang yang beramal tapi suka mengungkit. Saya juga menambahkan sifat-sitar benda cair yang memenuhi ruang sesuai wadahnya, dan bergerak atau mengalir dari tempat yg lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Setelah selesai kami lanjutkan dengan mandi hujan tapi memakai jas hujan, saya hanya memakai payung. Kami memperagakan 2 sifat benda cair dan perumpamaan bagai tanah diatas batu dan tertimpa air hujan (amal yang sia-sia) sesuai ayat yang kami baca.

Setelah itu anak-anak bebas berlarian kesana kemari, saya hanya mengawasi saja. Selesai main air hujan kami minum teh dan makan biskuit bersama sambil saya tanyakan pengalaman mandi hujan mereka. dan ini foto-foto kami :)




Cara tadi saya dapat dari salah satu pemateri AKU,mencoba mencari jawaban atas pertanyaan anak di Al Qur'an. Harusnya sih orang tuannya dah hafal isi Qur'an tapi karna belum cara tadi lumayan membantu para orang tua agar tidak salah menjawab dan memiliki landasan atas setiap jawabannya.

Beberapa kali mencoba cara tersebut dan anak-anak puas atas yang tertulis di al qur'an dan mamanya juga ikutan belajar.

Wassalamu'alaikum.

0 comments:

Post a Comment