Thursday, February 06, 2014

Serba-serbi Umroh

Assalamu'alaikum.

Kali ini mau berbagi soal serba-serbi umroh yang saya alami selama persiapan dan perjalanan umroh.

1. Biaya umroh 
Biaya umroh itu ternyata bisa murah lho, tinggal kita pilih keberangkatannya pas low season aja, low season umroh biasanya bulan Januari-Maret, high season biasanya saat Ramadhan. Jika ingin lebih murah pilih paket yang pembayarannya 1th sebelum keberangkatan biasannya dengan fasilitas bintang 3-4. Banyak travel yang menawarkan paket seperti ini, malah ada yang menawarkan kemudahan dengan mencicil. Jadi yang punya niat berumroh sudah bisa mencari cara agar niatnya terealisasi. Info dari teman dan hasil gugling untuk Jan-Feb 2015 ada travel yang menawarkan umroh dengan biaya 12.8jt dan 14.5jt. Lumayan banget lho, saya aja tahun 2013 kemarin total 21jtan karna awal Ramadhan masih di sana.

2. Perjalanan langsung ke Jeddah
Jika bisa memilih memang enak berangkat dengan pesawat yang langsung tanpa transit, terutama jika membawa orang tua yang sedang sakit atau renta. Karena kita harus berjalan lumayan jauh saat transit tersebut.

3. Bawaan kabin
Sebaiknya bawaan baju dll dimasukan ke bagasi, tas tenteng hanya berisi hal-hal penting saja, jika mau membawa baju pun 1 stel saja. Karna salah satu teman kamar saya ibu-ibu yang sudah paruh baya membawa tas travel tanpa roda, al hasil saya dan bu tuti juga ikutan ribet membantu bergantian membawakan tas tersebut saat transit, padahal isinya baju-baju yang tidak akan digunakan selama di perjalanan. 

4. Paket umroh
Berdasarkan pengalaman saya lebih enak umroh dengan paket ke Mekah terlebih dahulu baru ke Madinah. Untuk orang tua paket ini membantu mereka untuk menghemat tenaga, jadi ibadah utama umroh dijalankan diawal, selanjutnya bisa bebas. Jika ke Madinah terlebih dahulu, selama di Madinah harus menjaga kesehatan agar tetap fit sampai pelaksanaan ibadah utamanya.

5. Berfoto-foto
Bawalah kamera yang kecil saja atau HP dengan resolusi kamera yang tinggi, karna saat memasuki masjid suka diperiksa oleh petugas, namun kadang juga tidak. Saat disana puas-puasin deh kalo mau foto-foto karna nanti bisa dilihat-lihat saat kita rindu dengan Ka'bah dan Nabawi. Jika sekali kita sudah ke sana "rasa kepengen" kesana lagi lebih besar dari orang yang belum pernah ke sana.

6. Bau Badan
Benar-benar kuasa Allah di sana itu panas tapi saya tidak bau badan lho, padahal saya berkeringat banget saat berthawaf namun saat keringat itu hilang badan saya gak berbau sama sekali. Jika di Indonesia pasti bau badan saya sudah mengganggu orang lain dan harus ganti baju tuh, lumayan buat ngirit baju hehehe.

7. Laundry
Selama di saya gak melaundry baju-baju saya, saya mencucinya dan dijemur di jendela, dan taraaa dalam 1 jam baju-baju itu kering lho.... itu karna sedang musim panas kalo pas kesana pas musim dingin jangan dicoba ya hehehe....dengan mencuci baju saat pulang saya cuma membawa baju kotor 1-2 stel saja, lumayan sampe rumah tinggal digosok.

8. Buah-buahan
Jika ke Mekah jangan lupa mencoba membeli buah di toko serba ada Turki, harganya lumayan terjangkau, saya sempet beli buah apricot ukuran sedang, trus makannya kalo pulang dari masjid siang-siang bolong nyesss seger banget. Sempet nyesel gak beli buah yang lainnya hiks hiks. Trus jangan lupa mencicipi kurma segar, rasanya juara banget, manis dan kres-kres, dijualnya per box sekitar 15 riyal, boxnya bukan kaya gambar di bawah ya...tapi box besar biasa buat makan bareng-bareng.



9. Bahasa
Sebaiknya sebelum berangkat belajar beberapa kosa kata penting seperti TOILET. Pengalaman saya bertanya dengan bahasa inggris ternyata mereka tidak mengerti sama sekali, bahkan kata TOILET. Ini diperlukan saat di Masjidil haram, karena toiletnya teramat sangat jauh di luar masjid.

10. Pelajari peta Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
Karna saya tidak mempelajari peta Masjidil Haram sebelumnya jadi saat umroh lalu saya sempat pusing mencari toilet di Masjidil Haram. Jika di Nabawi toilet begitu banyak tersebar di pelataran masjid. Selain toilet pelajari juga pintu-pintu masuk masjidnya karna bisa-bisa kita bingung saat mengambil sandal atau bahkan bingung saat mau kembali ke hotel.

12. Tidak Go Green
Ini hal yang saya tidak suka dari perjalanan umroh saya, dijalan arah ke Masjidil Haram tersedia plastik gulungan untuk menyimpan sendal kita. Tapi yang terjadi setiap orang mengambil plastik pada setiap jam sholat, hmm gak kebayang deh jadi beapa truk bekas plastiknya, karena selepas sholat orang-orang membuang plastik tersebut. Jangan tanya saya ya...saya mengambil hanya 1-2 kali selanjutnya saya lipat lagi setelah selesai dipakai dan dimasukan ke tas, dipakai lagi saat dibutuhkan.

13. Pedagang kaki lima
Di Mekah saya tidak menemukan pedagang kali lima, jika ingin berbelanja kita harus masuk gedung pertokoannya. Kalo di Madinah pedagang kaki limanya ada tapi hanya di waktu-waktu setelah sholat wajib dan itu pun hanya sekitar 20 menit, setelah ada bunyi peringatan mereka langsung pergi dan jalanan ke arah masjid Nabawai sepi kembali. Barang yang bagus di kaki lima Madinah adalah pasmina,  motifnya dan bahannya bagus-bagus, harganya hanya 10 Riyal sajah.

14. Tempat beli oleh-oleh
Saya membeli baju abaya dengan bahan yang bagus tapi lumayan murah di gedung pertokoan Bin Dawood, pertokoan ini kaya ITC kalo di Jakarta, dan semua menjual abaya hitam. Saya beli abaya anak seharga 30 riyal dan abaya dewasa dari 50-100 Riyal, untuk model terbaru dari 100-250 Riyal. Jangan khawatir penjualnya tidak mengerti bahasa Indonesia, mereka fasih kok ngomong sepuluh sampe dua ratus heheh, bahkan kita bisa tawar menawar sama penjualnya. Trus saya beli kurma nabi, kurma coklat, kacang almond di Dates Market, ini dilantai paling bawah dari gedung Bin Dawood. Harga di Dates Market lebih murah jika dibanding di kebun kurma dan pusat belanja di Jeddah.
Sepertinya orang Indonesia terkenal doyan belanja dan menawar di sana, sampai-sampai ada toko yang bertuliskan bahasa Indonesia, semua penjual yang saya temui bisa berbahas Indonesia walau sedikit aneh. Kalo saya bilang dari Indonesia mereka selalu bilang "oh Indonesia mau tawar", kalo gak jadi beli dibilang "Indonesia bahlul". Saya pernah lewat di toko emas, penjaganya langsung nawarin "Ibu, mampir dulu" padahal di depan saya ada orang India juga lewat tapi gak ditawarin lho. Tapi untungnya kalo ngasih harga orang Indonesia lebih murah dari pada orang Malaysia. Orang Malaysia itu males nawar, mungkin karna uangnya banyak hehehehe.

15. Cadar
Kalo umrohnya lagi musim panas lebih baik sampai Mekah atau Madinah beli cadar penutup wajah, harganya sekitar 10-15 Riyal. Saya telat tahu kalo pake cadar itu sangat adem di wajah dan bikin susah nafas serta gak bikin kaca mata saya berembun. Ternyata dengan cadar sirkulasi udara tetap berganti karna bagian bawanya tidak bertali seperti masker. Saya menyarankan pakai gara-gara teman satu jamaah saya beli pas 2 hari kami mau pulang, nah saya ikutan coba-coba, ternyata lebih enak pake cadar dari pada pake masker, karna saya kemana-mana pake masker. Plus nya lagi saya beli oleh-oleh di Bin Dawood kita lebih dihormati.

16. Pelembab
Hihi lupa sama hal ini, saya bawa pelembab wajah bentuk crean dan cair, body lotion dan lip balm, yang saya paling sering saya pake cuma lip balm dan pelembab cair. Tapi seringnya nyemprotin air zam-zam ke wajah, karna temen saya bawa botol sprey dan diisi sama air zam-zam dan dibawa di tasnya. Jadi pas thawaf siang-siang tetep seger.

Cuma itu yang keingetan...moga manfaat, nanti kalo ada tambahan ya ditambahin ya :D

Wassalamu'alaikum.








3 comments:

  1. assalamuallaykum,
    alhamdulillah sharing pengalaman yg sangat bermanfaat 😄
    afwan..
    saya mau bertanya, apa ibu punya info mengenai agen travel haji/umroh yg biayanya bisa dicicil setelah kepulangannya?
    saya masih mahasiswa dan sangat ingin pergi umroh. sudah setahun ini menabung untuk biaya umroh, semoga Allah segera menijabahai niat saya..
    terima kasih bila berkenan menjawab, jazakillah 😊

    ReplyDelete
  2. benar 20 jutaan bisa https://izzatitour.com/

    ReplyDelete